Friday 1 April 2016

Nyatakan Situasi Semi-Perang, Rezim Kim Jong-un Salahkan AS

Nyatakan Situasi Semi Perang Rezim Kim Jong un Salahkan AS
Militer Korea Utara saat melakukan parade. | (Reuters)

JENEWA - Pemerintah rezim Korea Utara (Korut) menyatakan situasi di Semenanjung Korea sudah “semi-perang”. Pemerintah yang dipimpin Kim Jong-un itu menyalahkan Amerika Serikat (AS) sebagai pemicu situasi gawat ini.

Korut melalui Duta-nya untuk PBB di Jenewa, So Se Pyong, mengatakan, lantaran situasi Semenanjung Korea sudah “semi-perang”, Pyongyang nekat akan mengejar program nuklir dan rudal balistik yang ditentang AS dan para sekutunya.

Jika Amerika Serikat terus, maka kita harus membuat langkah-langkah balasan juga. Jadi kita harus mengembangkan, dan kita harus membuat lebih banyak pencegahan, pencegahan nuklir,” kata So dalam wawancaranya dengan Reuters, hari Jumat.

Diplomat top Korut itu menyindir pelaksanaan KTT Keamanan Nuklir di Washington yang membahas cara menekan rezim Pyongyang lebih keras.

Presiden AS; Barack Obama, Presiden Korea Selatan (Korsel); Park Geun-hye dan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, bersumpah meningkatkan tekanan pada rezim Kim Jong-un jika Korut tidak menghentikan provokasi.

Sebenarnya bahwa KTT itu, kita menyebutnya semacam propaganda,” kata So.

No comments:

Post a Comment