Tuesday 29 March 2016

AS, India & Jepang Latihan Bersama Dekat LCS

NEW DELHI – Di tengah masih memanasnya ketegangan di Laut China Selatan (LCS), militer Amerika Serikat (AS), India dan Jepang mengagendakan latihan bersama dekat LCS, tepatnya di perairan utara Filipina.
Pengumuman ini datang sehari setelah Menteri Pertahanan AS, Ash Carter, melayangkan peringatan bagi China, terkait aktivitas militer mereka di LCS, setelah China menempatkan sistem misil anti-udara di pulau sengketa.
Meski sudah disepakati ketiga negara di atas lewat sebuah konferensi keamanan di New Delhi India, Kepala Komando Pasifik AS, Laksamana Harry Harris Jr mengatakan, latihan bersama ini belum ditentukan hari H-nya.
Diyakini, latihan bersama tiga negara ini bakal digelar tahun ini juga. Di sisi lain dalam kesempatan yang sama (konferensi keamanan), Laksamana Harris berharap China mau menyelesaikan sengketa LCS yang juga diklaim Filipina, Brunei serta Vietnam, bisa diselesaikan bukan dengan jalan militer.
AS beranggapan, “ulah” China memiliterisasi pulau sengketa di LCS, sangat berpengaruh dan mengganggu kebebasan navigasi laut yang jadi kepentingan banyak negara.
Soal solusi, Laksamana Harris merujuk contoh India, yang dianggapnya berhasil menyelesaikan isu perairan dengan cara-cara damai dengan beberapa negara tetangganya.

“Ketika beberapa negara memilih cara mengganggu negara-negara kecil lewat intimidasi dan kekerasan, saya mencatatkan kekaguman pada India yang menyontohkan resolusi terkait sengketa dengan tetangga di Samudera Hindia,” papar Laksamana Harris, dilansir Reuters

No comments:

Post a Comment