Tuesday 29 March 2016

Pentagon Pertimbangkan Kirim Artileri ke LCS

Pentagon Pertimbangkan Kirim Artileri ke LCS

AS sedang mempertimbangkan mengirim artileri ke Laut China Selatan (Foto: Sputnik)
AS sedang mempertimbangkan mengirim artileri ke Laut China Selatan (Foto: Sputnik)
WASHINGTON – Dengan meningkatnya ketegangan di Laut China Selatan (LCS), Amerika Serikat (AS) mempertimbangkan kemungkinan pengiriman artileri ke kawasan tersebut. Pertimbangan itu sejalan dengan keinginan Presiden Barack Obama untuk menantang klaim China di LCS.
“Kami pikir China memilih cara lama untuk menyelesaikan sengketa. Sedangkan pihak lain berusaha menyelesaikan sesuai hukum internasional,” ujar Obama dalam wawancara dengan Channel News Asia,
seperti dikutip dari Sputnik, Rabu (24/2/2016).
Menurut seorang pejabat senior tentara AS, mereka bisa saja mengirim artileri mobile ke LCS. Artileri yang dikirim akan digunakan sebagai unit pertahanan meski biasa dipakai untuk unit serang.
“Kami dapat menggunakan artileri Howitzer dan persenjataan sejenis untuk memukul balik ancaman jika ada pihak yang ingin menyerang kami dari udara lewat roket jarak jauh dan roket dari jet tempur,” ujar pejabat yang tidak disebut namanya itu.
Namun, rencana tersebut membutuhkan kerjasama dari mitra-mitra AS di sana. Negeri Paman Sam butuh persetujuan mereka terlebih dahulu. Jika disetujui, pengiriman persenjataan Pentagon akan semakin menguatkan peran mereka di LCS. Artileri yang akan dikirim adalah M777 Howitzer dan M109 Paladin.
Selama ini AS melakukan latihan bersama dengan sekutu-sekutu mereka di kawasan sebagai unjuk kekuatan kepada China. Beberapa bulan terakhir ini Pentagon juga melakukan operasi latihan navigasi di sekitar pulau-pulau buatan China di LCS.

No comments:

Post a Comment